TIME LABFOR PALEMBANG INVESTIGASI DAN INDENTIFIKASI TKP KEBAKARAN DI KUALA TUNGKAL TANJAB BARAT

By administrator 23 Mar 2017, 14:58:32 WIB Polres Tanjab Barat

Berita Terkait

Berita Populer

TIME LABFOR PALEMBANG INVESTIGASI DAN INDENTIFIKASI TKP KEBAKARAN DI KUALA TUNGKAL TANJAB BARAT

 

Kuala Tungkal, Sebagai tindaklanjut penyelidikan dan mengungkap penyebab kebakaran di Jalan Sudirman dan Gang Gagak di RT 012, Kelurahan Tungkal IV Kota, Kecamatan Tungkal Ilir, Kabupaten Tanjabbar pada (18/3/17) kemarin, Satreskrim Polres Tanjabbar mendatangkan Tim Labolatorium Forensik Polda Sumatera Selatan.

Empat orang Tim Labfor yang turun ke TKP dipimpin langsung Kepala Laboratorium dan forensik Polda Sumsel  AKBP Kadafi Ihtisan, S.SI, MT, KOMPOL Admiral, IPDA Agung dan BRIPKA Hamid.

Sebagai pengamanan lokasi dilakukan oleh Kabag Ops Polres Tanjabbar KOMPOL RP Nainggolan, Kasat Reskrim AKP AKP Gokma Uliate, SIK, SH, Kapolsek Tungkal Ilir AKP Laode Prasetyo SIk, Kasat Sabhara AKP Tongam Manalu, Tim Identifikasi dan Satsabhara yang juga ikut bersama mendampingi proses olah TKP.

"Untuk menyelidikan hal itu kita mendatangkan Tim Laboratorium Forensik Polda Sumsel. Hal ini dilakukan untuk mengetaahui penyebab pasti kebakarannya apa, biar lebih jelas dan terangnya," ungkap Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, S.I.K, S.H, M.H., di lokasi indetifikasi, Selasa (21/3/17).

Dikatakan, sejak terjadi kebakaran, kita hanya mengamankantempat kejadian perkara (TKP) dan identifikasi awal. Dan hari ini tim melakukan investigasi serta identifikasi mengumpulkan informasi dan sisa-sisa kebakaran untuk keperluan penyelidikan nantinya.

"Sehingga dalam waktu dekat dapat diketahui penyebab terjadinya kebakaran " ujarnya.

Adanya kebakaran ini, hal yang perlu dilakukan adalah kepedulian dan kewaspadaan masyarakat untuk mencegah jangan terulang kembali insiden kebakaran ini.

"Kalau memang mau keluar beraktifitas di luar rumah, cek memang apakah kompor gasnya sudah dimatikan, kabel-kabel listrik apakah terpasang dengan baik dan tidak usang, kemudian jangan sembarangan memasang kabel, apa lagi memasangnya tidak dengan standar dan prosedur yang seharusnya.

"Beberapa faktor juga berpengaruh menyebabkan kebakaran, apalagi didukung dengan cuaca yang panas," tandasnya.

Terkait hasil Forensik nantinya, Agus menambahkan, jika tim laboratorium forensik sudah dapat menyimpulkan penyebab pastinya, pihaknya akan segera menginformasikan, ya kita tunggu saja," pungkasnya.

Kemudin Kepala Labfor Polda Sumsel AKBP Kadafi Ihtisan, S.SI, MT, mengatakan untuk mengungkap penyebab kebakaran tersebut, pihaknya melakukan investigasi dan identifikasi terhadap rumah dan jaringan listrik, titik paling parah disekitar sumber api atau benda lainnya yang ada di sekitar TKP.

"Sampel ini nanti akan kita teliti, sekitar 1 atau 2 minggu hasilnya sudah bisa kami sampaikan ke Polres Tanjabbar," jelasnya.

Sementara Ketua DPRD Tanjab Barat Faizal Riza, ST, MM, turut serta di lokasi mengungkapkan turut prihatin atas insiden yang menghanguskan 14 rumah wagra di RT 12, Kelurahan Tungkal IV Kota itu, menurutnya hal itu dapat diminimalisir dengan kewaspadaan dan kehati-hatian dan kontrol




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video