Terekam CCTV Melanggar Kemudian Tidak Bayar Tilang, STNK Diblokir

By administrator 23 Feb 2021, 12:52:24 WIB Lalu Lintas
Terekam CCTV Melanggar Kemudian Tidak Bayar Tilang, STNK Diblokir

Tribratanewsjambi - Pengendara sepeda motor harus lebih patuh dalam menggunakan jalan raya dan mematuhi Rambu-rambu lalu lintas. Jika melanggar, maka akan langusung terekam pada kamera cctv jalan. Ditlantas Polda Jambi juga tengah mempersiapkan proses tilang menggunakan sistem Elektronik Traffic Law Enforcemen (ETLE).

Saat ini, Ditlantas Polda Jambi juga telah menyiapkan Tim Asistensi Korlantas Polri dalam rangka implementasi Etle. Ini akan diberlakukan pada awal Maret 2021 mendatang, dan akan di launchingkan pada 17 Maret. Nantinya Polda Jambi akan memasang 16 cctv di 8 titik yang ada di Kota Jambi.

“Ini harus terlaksana, kontak secara langsung dengan pelanggar ini dikurangin dan kita manfaatkan sistim tilang dengan elektronik,” Kombes Pol Heru Sutopo, Senin (22/2/21).

Kata Heru, sedikitnya ada 6 pelanggaran yang secara otomatis akan terekam pada kamera cctv dan langsung bisa di capture, salah satunya yakni pengendara yang tak menggunakan sabuk pengaman, tak menggunakan helm, kemudian pengendara yang bermain hp di atas motor.

Menerobos lampu merah, melanggar marka jalan dan melawan arus. “Nanti akan terkonek secara otomatis di office kita, karena kita ada operatornya,” tambahnya.

Kemudian, jika pelanggar sudah di capture, maka nanti akan langsung divalidasi, jika ternyata itu benar pelanggar, maka akan langsung ditindak dengan data yang diterima, nantinya pelanggar akan datang langsung ke posko atau ke lantas, untuk membayar denda.

“Kalau mereka tak datang dan tak membayar denda maka kita anggap ini pelanggaran juga, jadi nanti bisa langsung di blokir STNKnya, sehingga tak bisa membayar pajak, sehingga jika mereka ingin membayar pajak, harus menyelesaikan proses tilangnya dulu,” jelansya.

Heru menyebabkan, dengan pelaksanaan tilang elektronik ini tak bisa main-main, bahkan untuk pungli juga tak akan bisa. Pasalnya, nanti akan terdata dan bisa dilakukan pengecekkan saat validasi. “Ini harus benar-benar telaksana dengan baik dan integritas tetap terjaga dengan baik,” sebutnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Jambi, Kompol Doni mengatakan, saat ini untuk persiapan sudah dilakukan, monitoring juga telah terpasang di Satlantas Polresta Jambi, namun, memang ada beberapa kendala yang terjadi saat penerpan tilang Etle tersebut, dan ini telah dicarikan solusi untuk penyelesaian.

Salah satu kendala tersebut yakni, cctv yang terbatas, kemudian tidak semua link konfirmasi bisa diakses, nomor polisi yang tak terdaftar dan lain sebagainya. “Tahap awal nanti akan disosialisasikan dulu ke masyarakat,” tandasnya




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video