Salut, Bhabinkamtibmas Polsek Mersam Bersama Tim Terpadu Karhutla Padamkan Api Dengan Alat Seadanya

By administrator 13 Sep 2019, 07:00:51 WIB Polres Batanghari
Salut, Bhabinkamtibmas Polsek Mersam Bersama Tim Terpadu Karhutla Padamkan Api Dengan Alat Seadanya

Tribratanews.jambi.polri.go.id - Polres Batanghari Polda Jambi, Kegiatan antisipasi dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) semakin gencar dilaksanakan di musim kemarau yang terjadi saat ini.

Kali ini Bhabinkamtibmas Desa Belanti Jaya Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari Bripka Sigit Sudarso bersama-sama tim terpadu Karhutla yang terdiri dari Manggala Agni Kab. Batanghari Koramil Mersam dan masyarakat setempat melaksanakan penanggulangan karhutla di jalan 473 PT. WKS Distrik IV Desa Belanti Jaya, Kamis (12/09/2019) pukul 09.10 WIB

Pada saat Bripka Sigit beserta tim sedang melaksanakan patroli rutin dan pemadaman api, sekira pukul 15.54 usai pendinginan proses pemadaman api dari kejauhan terlihat kembali asap pekat. Setelah dilakukan pengecekan ternyata benar ada lahan yang terbakar, kemudian tim pun harus bergelut dengan asap dan melawan panasnya api ketika memadamkan api di lahan yang terbakar tersebut.

“Saat berada di TKP kami menemukan api yang masih menyala cukup besar, dengan sigap kami langsung memadamkan api dengan alat seadanya dibantu masyarakat kelompok Tani PPJ dan 5 Koperasi HTR, dan alhamdulilah 6 jam kemudian api tersebut dapat dipadamkan ” jelas Bripka Sigit.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, lahan yang terbakar memiliki luas sekitar 15 Ha yang merupakan milik 5 Koperasi HTR Kelompok Tani PPJ.

Kapolsek Mersam IPTU Heri Triyanto SPd mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan kegiatan antisipasi Karhutla baik berupa penyuluhan, patroli hingga memadamkan api. “Kegiatan antisipasi ini telah kami laksanakan jauh di awal sebelum masuki musim kemarau, mulai dari penyampaian himbauan untuk tidak membuka lahan baru pasca masa panen dan masa bercocok tanam masyarakat dilanjutkan dengan penyampaian himbauan antisipasi karhutla saat memasuki musim kemarau hingga saat ini pendataan terhadap lahan yang telah dibuka oleh warga dan dilanjutkan dengan pengecekan titik Hotspot,” jelasnya.(Ndra)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video