Polres Tebo Tangkap Kades Pelaku Korupsi ADD

By administrator 11 Okt 2018, 13:59:27 WIB kriminal
Polres Tebo Tangkap Kades Pelaku Korupsi ADD

TZ (51) Kades aktif Desa Aburan Batangtebo Kecamatan Tebo Tengah, yang menjabat selama 2 periode di desanya ini ditahan tim dari Tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres Tebo Polda Jambi. Pasalnya, kades ini diduga korupsi anggaran dana desa (ADD) senilai 160.769.500 rupiah yang bersumber dari APBD Tebo tahun 2015 silam.

Dari tangan tersangka, Polisi berhasil menyita 1 bundel dokumen asli proposal ADD, 1 bundel SPJ asli Pencairan ADD tahap 1 senilai 240.610.000 juta, 1 bundel SPJ asli pencarian tahap II senilai 240.610.000 juta, 1 bundel SPJ asli pencairan tahap III senilai 120.305.200 juta dan uang tunai sebesar 5.000.000 rupiah.

Dalam Press Release yang digelar Polres Tebo, pada Rabu (10/10/2018) sekira pukul 15:30 Wib. Kasat Reskrim Polres Tebo, Hendra Wijaya Manurung, mengatakan pihaknya beberapa waktu lalu berhasil menahan Kades Aburan Batangtebo atas temuan BPKP terhadap tersangka.

"Berdasarkan laporan inspektorat Tebo dan Temuan BPKP bahwa tersangka Tarmizi diduga melakukan penyalahgunaan dana ADD tahun 2015 lalu, kini tersangka masih di tahan di Polres Tebo," ujar Kasat.  

Adapun modus pelaku yaitu pada tahun 2015 silam Desa Aburan Batangtebo mendapat kucuran dana ADD senilai 601.525.000 dari pemerintah Kabupaten Tebo. Namun, tersangka langsung tergiur dengan uang tersebut dan dana langsung disalahgunakan.

"Ada 9 item yang disalahgunakan tersangka, dan semua item tersebut tidak ada satupun yang terlaksana alias fiktif," kata Kasat.

Sementara, dari keterangan tersangka Tarmizi, uang hasil korupsi tersebut digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari dan untuk berpoya poya," untuk makan tiap hari-hari lah, selebihnya untuk poya-poya," ungkap Tarmizi saat ditanya awak media.

Akibat perbuatannya, tersangka akan dikenakan hukuman penjara selama 20 tahun dan paling singkat 4 tahun penjara dan denda sebesar 1 Milyar.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video