Polres Tanjab Barat Berhasil Menangkap Pelaku Tindak Pidana Metrologi Ilegal.

By administrator 01 Agu 2017, 09:53:08 WIB Polres Tanjab Barat
Polres Tanjab Barat Berhasil Menangkap Pelaku Tindak Pidana Metrologi Ilegal.

Tribratanews.jambi.polri.go.id – Polres Tanjab Barat berhasil mengamankan pelaku tindak pidana metrologi ilegal dengan LP NO: LP/A-  69 /VII/2017/res tjb brt/SPKT tanggal 29 Juli 2017, dengan tempat kejadian di Jalan lintas timur desa pelabuhan dagang kecamatan Tungkal Ulu Kabupaten Tanjab Barat.

Dengan Pelapor atas nama DS, sebagai pelaku atas nama IR 31Th, Warga sersan tajib RT 03 keluarga eka jaya kecamatan jambi selatan kota jambi. Dengan barang bukti tabung gas LPG ukuran 12 kg sebanyak 37 tabung dan 1 unit mobil grand max warna hitam.

Penangkapan ini saat melaksanakan patroli, pelapor melihat pelaku sedang mengangkut gas LPG 12 Kg dengan menggunakan mobil grand max pik up, pada saat terlapor sedang berhenti didepan ruko pelapor langsung mendatangi pelaku dan karena merasa curiga pelapor melakukan penimbangan pada gas LPG 12 Kg tersebut dan ternyata tidak sesuai ukuran, takaran, isi bersih, berat bersih atau jumlah yang sebenarnya.

Atas kejadian tersebut pelapor langsung mengamankan pelaku bersama barang bukti ke polres tanjab barat untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan. kemudian penyidik koordinasi dengan pihak perindag provinsi Jambi untuk penimbangan dan pemeriksaan ahli. pada hari Senin telah dilakukan penimbangan dan pemeriksaan ahli dari perindag yang menyatakan berat tabung tersebut tudak sesuai dan melewati ambang batas wajar (lebih dari 1/2 kg).

Hasil pemeriksaan ahli metrologi  dari 37 buah tabuang: 31 buah tidak sesuai, 5 sesuai dan 1 tidak dapat diidentifikasi karena keterangan berat sudah tidak terbaca.

Tersangka diduga melanggar pasal 32  ayat 2 UU No 2 tahun 1981 ttg metrologi legal dengan ancaman hukuman pidana penjara 6 bulan dan atau denda RP 500.000,-

 

Penulis : Joko

Editor : Sri Kasumawati

Publish : Joko




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video