Polres Merangin Laksanakan Sosialisasi Karhutla Kepada Kepala Desa

By administrator 06 Jun 2017, 18:03:07 WIB Polres Merangin
Polres Merangin Laksanakan Sosialisasi Karhutla Kepada Kepala Desa

Keterangan Gambar : Sat Binmas Sosialisasi Karhutla di kantor camat Batang Masumai


tribratanews.jambi.polri.go.id-Merangin, Sat Binmas Polres Merangin melaksanakan sosialisasi tentang karhutlah kepada seluruh kades di Kecamatan Batang Masurai di kantor Camat Batang Masumai, Senin (5/6/17)

Sosialisasi ini dilakukan mengingat pada Kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2015 yang mengakibatkan kabut asap dimana-mana yang dampaknya hingga sampai ke Negara tetangga, hal ini sangat menjadi perhatian dan atensi pimpinan polri. Untuk mencegah kebakaran tersebut agar tidak terulang ditahun 2017 ini, pimpinan polri telah memerintahan seluruh jajarannya untuk melakukan langkah-langkah antisipasi di wilayahnya masing-masing.

Polres Merangin beserta Polsek jajarannya telah melakukan langkah antisipasi dengan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. 

Selain itu, Polres Merangin juga menyamapaikan kepada Kepala Desa akan larangan membuka kebun dengan cara sengaja dibakar karena dapat dipidana dengan acaman hukuman paling lama 15 tahun dan dendan lima milyar rupiah sesuai dengan uu no.41 th 1999 tentang kehutanan  

Dalam pelaksanaan sosialiasasi karhutla tersebut juga dihadiri Camat Batang Masumai, Kades Lubuk Gaung, Kades Kederasan Panjang, Kades Rantau Alai, Kades  Pulau Baru, Kades Tb. Besi, Kades Pualau Layang dan Kades Nibung 

Dilain tempat, Kapolres Merangin AKBP Aman Guntoro,S.I.K membenarkan sosialisasi tersebut. "Ini merupakan upaya dalam melakukan pencegahan dini agar peristiwa pada tahun lalu tidak terulang kembali. Karena permasalahan Karhutla ini mejadi permasalahan yang sangat serius. 

"Kami berharp kegiatan pencegahan ini dapat berjalan dengan hasil yang optimal tanpa harus melakukan kegiatan Penegakan Hukum, namun jika memang masih di temukan ada masyarakat yang melanggar dengan membakar hutan dan lahan kita akan hukum dan proses sesuai dengan undang-undang yang berlaku," ujar Kapolres Merangin AKBP Aman Guntoro.

 

Penulis : Solihin

Editor : Sri Kasumawati




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video