Polda Jambi dan Korem 042/Gapu Gelar Simulasi Atasi Aksi Massa yang Rusuh di KPU

By administrator 01 Feb 2019, 11:57:06 WIB Nasional

Berita Terkait

Berita Populer

Polda Jambi dan Korem 042/Gapu Gelar Simulasi Atasi Aksi Massa yang Rusuh di KPU

Tribratanews -  ‎Kerumunan massa mendatangi kantor KPU Provinsi Jambi, mereka melakukan aksi karena tidak terima dan menilai ada manipulasi dalam penghitungan suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Beberapa kali terdengar teriakan orator yang menyulut reaksi massa.

"Bongkar...bongkar..bongkar...bongkar KPU, bongkar KPU sekarang juga. Satukan barisan, jangan berpencar," ujar seorang orator.

Pihak kepolisian sempat meminta perwakilan massa untuk berdialog.

Sayang, walaupun awalnya dilakukan  negosiasi oleh personil Polwan namun ternyata tidak ada kata sepakat dan massa semakin beringas berniat merangsek masuk menuju kantor KPU.

Formasi polwan kemudian berganti menjadi pasukan dalmas, Bentrokan pun akhirnya tak dapat dihindari dan turun formasi pasukan dari Brimob dan TNI Langkah tegas pun dilakukan yang  akhirnya bisa memukul mundur massa. ‎
Aksi yang dilakukan itu untungnya bukan aksi yang sebenarnya, melainkan simulasi pelatihan pengamanan jelang Pemilu 2019 yang dilakukan oleh Korem 042/Gapu dan Polda Jambi pagi ini, Jumat (1/2), yang berlangsung di lapangan Korem 042/Gapu.

Pantauan di lapangan, diperagakan cara pengamanan jalannya tahapan Pemilu 2019. Salah satunya, pengamanan perhitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selain itu, juga diperagakan cara pengendalian massa jika terjadi kericuhan.

Latihan gabungan tersebut juga melibatkan personel Brimob Polda Jambi dan Yonif Raider 142/Ksatria Jaya. Beragai sarana dan prasarana pendukung pengamanan Pemilu juga dikerahkan dalam latihan gabungan tersebut.

Dalam latihan gabungan ini disaksikan langsung oleh Danrem 042/Gapu Kolonel Arh. Elphis Rudi, Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian, sejumlah pejabat utama Polda Jambi, Staf Ahli Gubernur Jambi Asraf dan Ketua KPU Provinsi Jambi Subhan.

Penulis Lilik Adhi

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video