Kerjasama dengan JICA, Mabes Polri Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Fungsi Identifikasi di Jambi

By administrator 16 Okt 2018, 12:20:19 WIB Nasional

Berita Terkait

Berita Populer

Kerjasama dengan JICA, Mabes Polri Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Fungsi Identifikasi di Jambi

Kepolisian Republik Indonesia bekerjasama dengan Kepolisian Jepang (JICA) menggelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Kemampuan Fungsi Identifikasi Jajaran Polda Jambi Tahun 2018 melalui Seksi Identifikasi Dit Reskrimum Polda Jambi, di Balai Bhayangkara Siginjai Polda Jambi, Selasa (16/10/18)

Dalam pelatihan ini, Tim dari Mabes Polri  dipimpin oleh Kapus Inafis Bareskrim Polri, Brigjen Pol Drs. Hudi Suryanto dan dari JICA dipimpin oleh Mr. Isobe Hiromitsu  setingkat AKBP di kepolisian Indonesia.

Dalam acara ini tampak hadir Kapusinafis Bareskrim Polri, Brigjen Pol Drs. Hudi Suryanto beserta rombongan, Perwakilan Kepolisian Jepang JICA, Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Ahmad Haydar, SH, MM, Para Pejabat Utama Polda Jambi dan Para Peserta Pelatihan Dan Uji Kompetensi Fungsi Identifikasi Polda Jambi.

Usai kata sambutan dari Kapus Inafis Bareskrim Polri, Kapolda Jambi Irjen Pol Drs Muchlis AS, MH kemudian membuka Pelatihan Dan Uji Kompetensi Fungsi Identifikasi Polda Jambi Tahun 2018.

Dalam sambutan dan arahannya, Kapolda Jambi mengatakan Identifikasi merupakan garda terdepan dalam olah tempat kejadian perkara dalam satuan reserse dan sangat berguna dalam pengungkapan suatu tindak pidana. identifikasi yang saat ini dikenal dengan inafis (automatic finger print identification system) memiliki tugas yang berat, dimana diperlukan kejelian dan ketelitian terhadap barang bukti yang ada di TKP. barang bukti sekecil apapun yang ada di TKP sangat penting dalam proses pengungkapan tindak pidana, serta memiliki peran dalam mendukung tugas polri baik dari segi penegakan hukum dan pelayanan terhadap masyarakat.

“Dengan dilaksanakannya pelatihan dan uji kompetensi ini, agar seluruh peserta mengikuti dan memperhatikan seluruh materi yang di berikan agar para personel identifikasi menjadi lebih profesional dan menguasai peralatan yang dioperasionalkan sehingga hasil pekerjaannya dapat memenuhi persyaratan sebagai keterangan ahli,” ujar Kapolda Jambi.

Kapolda Jambi juga memberikan apresiasi kepada Kepolisian Jepang (JICA) atas kerjasamanya dengan Kepolisian Republik Indonesia.  

“Kepada Letnan Kolonel Polisi Jepang Mr. Isobe Hiromitsu, saya ucapkan terima kasih, doumo arigatou gozaimasu, serta penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja sama ini. semoga kerja sama berikutnya dapat dikembangkan kepada fungsi kepolisian lainnya di indonesia

Kapolda Jambi mengintruksikan kepada para peserta pelatihan untuk mengikuti pelatihan dan Uji Kompetensi Kemampuan Fungsi Identifikasi ini dengan sungguh-sungguh.

“Tanyakan setiap hal sampai kepada hal teknis yang paling kecil agar kemampuan saudara meningkat sehingga nantinya kemampuan saudara dapat di aplikasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sesuai dengan harapan masyarakat, organisasi dan tuntutan tugas di masa yang akan datang,” perintah Kapolda Jambi.

Penulis Lilik Adhi