Kapolresta Jambi jadi Cadangan Komandan Upacara HUT RI ke 74 di Istana Negara

By administrator 19 Agu 2019, 09:42:25 WIB Nasional
Kapolresta Jambi jadi Cadangan Komandan Upacara HUT RI ke 74 di Istana Negara

Tribratanewsjambi - Setiap tanggal 17 Agustus upacara pengibaran bendera merah putih merupakan agenda wajib untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.

Tiap tahun prosesi upacara untuk memperingati HUT RI pada 17 Agustus selalu menarik perhatian publik.

Di berbagai stasiun TV nasional menyiarkan pengibaran bendera pada pagi hari dan penurunan bendera pada sore hari.

Pasukan pengibar bendera (paskibra) yang berbaris rapi tentu jadi daya tarik masyarakat.

Selain itu, momen pengibaran bendera adalah momen yang paling ditunggu ketika upacara 17 Agustus.

Sebelum dimulainya upacara, Ada yang menarik dari personil Polda Jambi,  nampak Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian berdiri bersama Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo yang merupakan komandan upacara HUT RI di Istana Negara. 

Komandan upacara adalah pejabat yang memimpin seluruh peserta upacara, termasuk memimpin penghormatan kepada Inspektur, Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia serta melaksanakan aba-aba yang didelegasikan oleh Inspektur Upacara.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi mengatakan Kapolresta Jambi Kombes Pol Dover Christian berada di istana negara adalah sebagai cadangan Komandan upacara mewakili Kepolisian RI. 

"Kapolresta Jambi disana mewakili Polri dan Polda Jambi menjadi Cadangan Komandan Upacara HUT RI di Istana Negara" Ujar Kabid Humas polda Jambi. 

Terpisah Kapolresta Jambi mengatakan, dirinya terpilih menjadi komandan upacara pengibaran sang merah putih bersama empat orang lainnya bersama Angkatan Laut dengan cadangan komandan upacara dari Polri. Kemudian penurunan sang merah putih dari Angkatan Udara dengan cadangan komandan upacara dari Angkatan Darat.

“Saya terpilih menjadi komandan upacara detik–detik proklamasi untuk HUT ke–74 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka mewakili Polri dan saya dari Jambi,” kata dia, Minggu (18/8).

Lanjutnya, ini setelah melalui proses seleksi dari masing–masing Matra TNI dan Polri, yaitu tes kesehatan jasmani, psikotes, wawancara, uji keterampilan baris berbaris, pedang, suara dan penampilan. Dari masing–masing matra tersebut terpilih 4 personel terbaik.

“Pertama saya lulus di delapan orang. Tapi masih harus diseleksi lagi ke tahap selanjutnya, hingga terpilih menjadi empat terbaik dengan seleksi yang sama untuk menentukan yang terbaik,” tambahnya.

Persaingan tak cukup sampai di empat besar. Masing–masing Matra diseleksi lagi ke tingkat berikutnya, di markas Komando Garnisum tetap 1 di Jakarta dengan tes yang sama. Masih terus berjuang, Kombes Dover kembali mengikuti seleksi berikutnya di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional, Cibubur.

“Iya setelah tes itu lah akhirnya terpilih dan ditunjuk dan ditetapkan untuk menjadi Komandan Upacara dan Cadangan Komandan Upacara Detik Detik Proklamasi Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia,” tandasnya.

Meski menjadi komandan cadangan, ke depan Kombes Dover Christian akan ditunjuk menjadi Komandan Upacara pada Upacara Kenegaraan lainnya dengan Inspektur Upacara Presiden RI.

Penulis Lilik Adhi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video