Dit Polair Polda Jambi Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan Benih Lobster Senilai 18,675 Milyar

By administrator 13 Mei 2019, 15:36:16 WIB kriminal
Dit Polair Polda Jambi Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan Benih Lobster Senilai 18,675 Milyar

Tribratanewsjambi - Direktorat Polisi Perairan Polda Jambi dan Badan Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan baby (benih) lobster ilegal pada dini hari ini, Senin (13/5/19).

Sebanyak 21 box yang terdiri dari 8 Box berisi 46.500 Ekor baby lobster terdiri dari 1500 jenis  mutiara dan sisanya jenis pasir serta  13 box berisi  78.000 Ekor baby lobster jenis pasir senilai 18.675 Milyar rupiah berhasil diselamatkan.

Dalam konferensi Pers, Direktur Polair Polda Jambi Kombes Pol Fauzi Bakti Mohji mengatakan Pada hari Senin (13 Mei 2019) sekira pukul 01.00 WIB dengan TKP di JI. Gatot Subroto Desa Nibung Putih Kab. Tanjab Timur Prov Jambi, pihaknya berhasil mengamankan 1 (satu) Unit Mobil Innova warna Putih nomor polisi BH 1129 MJ dikemudikan oleh SBR yang bermuatan 8 (delapan) Box yang diduga berisi Baby Lobster.

“Pada saat kita berhentikan mobil yang satu jenis inova wana putih dia mencoba balik, tapi karena ada parit dia masuk ke parit dak bisa bergerak lagi tinggal mobil daihatsu xenia, setelah kita geledah isinya ada 8 box baby lobster,”ungkap Dir Polair Polda Jambi.

Berdasarkan keterangan SBR bahwa muatan mobil Innova tersebut berasa? dari JCC Simpang Kawat yang mana untuk orang yang berhubungan dengan pemilik muatan adalah RN.

kemudian, Sekira pukul 01.30 WIB pihaknya mengamankan RN dengan mengemudikan Mobil Xenia warna Putih dengan nomor Polisi BH 1460 HW. Dari keterangan RN diketahui bahwa muatan yang berada di dalam

Mobil Innova BH 1129 MJ adalah berupa Baby Lobster adapun pemilik dari BL tersebut adalah AG domisili Kota Jambi selanjutnya atas perintah AG bahwa BL tersebut akan diangkut tujuan AB alamat Desa Lambur Dalam dengan upah angkut Rp.400.000,-

“ Ketika dilakukan pengejaran terhadap AG diketemukan 13 Box berisi BL yang berada di Tepi Jalan Desa Kampung Singkep Kec. Muara Sabak,” tambahnya.

Modus Operandi dari pelaku yakni Orang dengan inisial AG (DPO) domisili Kota Jambi berhubungan dengan RN Kemudian RN mencari kendaraan berikut orang untuk proses pengangkutan dari Jambi dan tempat pertemuan yaitu depan JCC Simpang Kawat selanjutnya Anak Buah AG menjemput Mobil di JCC untuk diisikan muatan BL. Dalam kegiatan tersebut AG berhubungan komunikasi dengan RN.

Barang bukti yang berhasil diamankan adalah 1 (satu) Unit Mobil Xenia BH 1460 HW), 1 (satu) Unit Mobil Innova BH 1129 MJ), 8 (delapann) Kotak yang berisi Baby Lobster sebanyak 46.500 (empat puluh enam ribu lima ratus) Ekor dan 13 (tiga belas) Kotak yang berisi Baby Lobster sebanyak 78.000 (tujuh puluh delapanribu) Ekor.

Penulis Lilik Adhi