Deversi Pencurian Buah Sawit Pelaku Anak di Bawah Umur

By administrator 21 Mar 2017, 12:51:39 WIB Polres Tanjab Barat

Berita Terkait

Berita Populer

Deversi Pencurian Buah Sawit Pelaku Anak di Bawah Umur

 

Tebing Tinggi, Senin 13 Maret 2017 pukul 17.00 wib, Bertempat di mako Subsektor Tebing Tinggi Polsek Tungkal Ulu telah di laksanakan giat problem Solving/ deversi mediasi perdamaian tentang Tindak pidana pencurian buah kelapa sawit pelaku anak-anak pelajar SMP yang masih dibawah umur terjadi pada hari Minggu tanggal 12 Maret 2017 sekira pukul 16.00 wib, tempat kejadian perkara di Km.03 RT.11 Kel Tebing Tinggi Kec Tebing Tingi Kab Tanjab Barat.

Pada hari Minggu, 12 Maret 2017 pukul 16.00 wib pelapor an. H. Alex Ardian, umur 52 tahun, laki-laki, Alamat Rt. 11 Kel. Tebing Tinggi Kec. Tebing Tinggi, telah tertangkap tangan sedang memanen buah sawit di kebun milik pelapor pelaku masing-masing : 1. Jhonrois Ervana, laki-laki , batak, 12 tahun, kristen, pelajar, 2. Dodi Jensen Simanjuntak, laki-laki, batak, 12 tahun, kristen, pelajar,3. Safredo Agus Siburian, laki-laki, Batak, 16 tahun, kristen, pelajar, 4.
Harapan Horas
Simanuel Simatupang, laki-laki, batak, 16 tahun, kristen, pelajar, 5. Indra Marpaung, laki-laki, batak, 15 tahun, kristen, pelajar, Nando Lumban Gaul, laki-laki, batak, 14 tahun, kristen, pelajar, 7. Yosse Pongihutan Pardede, laki-laki, batak, 14 tahun, kristen, pelajar, selanjutnya korban melapor kejadian tersebut ke Kasubsektor Tebing.

Setelah peristiwa tersebut di laporkan korban ke Subsektor Tebing Tinggi, pihak pelapor H. Alex Ardien mencabut laporannya mengingat pelaku masih di bawah umur dan masih sekolah, selanjutnya dari pihak korban dan orang tua sudah terjadi kesepakatan untuk tidak melakukan tuntutan secara hukum terhadap pelaku, maka keduabelah pihak mohon kepada polisi Subsektor untuk di lakukan mediasi buat pernyataan.

Dari mediasi/deversi keduabelah pihak disepakati sebagai berikut :
- Kedua belah pihak telah sepakat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan cara kekeluargaan.
- Terlapor berjanji untuk tidak mengulangi tindakan pencurian baik terhadap milik korban maupun milik orang lain.
- Semua pihak  berjanji untuk turut serta mendidik dan mengawasi anak anak dilingkungannya agar terhindar dari perbuatan kriminal dan kejahatan lainnya.

Selanjutnya membuat pernyataan dan perjanjian perdamaian, di tanda tangani para saksi dan kedua orang tua wali serta pihak Guru dari masing masing sekolah.

Dalam kegiatannya Kasubsektor memberi nasehat kepada anak-anak tersebut untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum dan selanjutnya orang tua untuk lebih intensif mengawasi putranya dalam pergaulan baik di rumah di luar rumah maupun sekolahan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan, "jelas Kasubsektor Bripka Suharno.

Kapolres Tanjab Barat melalui Kapolsek Tungkal Ulu AKP Arief N. Yusuf, S.H., membenarkan kegiatan Kasubsektornya telah dilakukan penyelesai/diversi kasus pencurian buah sawit yang dilakukan oleh anak di bawah umur dan masih sekolah dan mengingat pihak korban tidak melakukan tuntutan secara hukum sehingga persoal tersebut dapat di selesaikan secara kekeluargaan selanjutnya anak-anak dikembalikan ke orang tuanya dan diberi arahan nasehat tidak mengulangi perbuatannya lagi, "tegasnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video