Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Polsek Jajaran Polres Batanghari Berikan Himbau ke Warga

By administrator 09 Jun 2020, 10:12:22 WIB Polres Batanghari

Berita Terkait

Berita Populer

Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan, Polsek Jajaran Polres Batanghari Berikan Himbau ke Warga

Tribratanews.jambi.polri – Polres Batanghari Polda Jambi, Dalam rangka antisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Batanghari beserta Polsek jajaran melakukan himbauan dengan media spanduk dan banner kepada masyarakat kabupaten Batanghari.

Kapolres Batanghari AKBP Dwi Mulyanto SIK SH mengatakan, sosialisasi berupa himbauan media spanduk sebagai upaya pencegahan. Menurutnya, kunci pencegahan Karhutla adalah adanya partisipasi oleh seluruh pihak baik pemerintah, korporasi maupun masyarakat.

"Upaya pencegahan menjadi prioritas dalam penanganan karhutla, salah satunya yaitu dengan cara melakukan sosialisasi Karhutla," ujarnya, Senin (08/06/2020).

Dia melanjutkan, kebakaran lahan merupakan permasalahan yang menjadi atensi Kepolisian, sehingga perlunya melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang mempunyai lahan, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar baik itu pertanian maupun perkebunan.

"Terlebih saat ini curah hujan sudah mulai berkurang dan suhu panas yang cukup tinggi sehingga potensi terjadinya kebakaran lahan cukup tinggi, maka kami menilai penting sekali untuk melakukan sosialisasi dan edukasi tentang larangan dan bahaya kebakaran hutan dan lahan kepada masyarakat” ungkapnya.

Bentuk dari sosialisasi yang dilakukan dengan spanduk-spanduk imbauan larangan membakar hutan dan lahan di wilayah hukum Polres Batanghari dan Polsek jajaran tersebut juga mensosialisasikan bahaya dan ancaman hukuman, bagi siapa saja yang kedapatan dengan sengaja melakukan pembakaran lahan.

Kapolres menegaskan, pelaku pembakar lahan dapat dijerat dengan Pasal 108 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2009 tentang Lingkungan Hidup dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara dan denda setinggi-tingginya Rp 10 miliar.

"Saya menghimbau kepada masyarakat Batanghari khususnya, agar tidak melakukan pembakaran lahan karena dapat menyebabkan kerugian materil, korban nyawa dan gangguan kesehatan akibat asap kebakaran," pungkasnya. (Ndra)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video