2 Pelaku Pembakaran Lahan, Diamankan Pihak Polres Tanjab Barat

By administrator 12 Agu 2019, 06:25:53 WIB Polres Tanjab Barat
2 Pelaku Pembakaran Lahan, Diamankan Pihak Polres Tanjab Barat

Tribratanews.jambi.polri.go.id - Tanjab Barat, A (48) warga Kelurahan Senyerang dan S (50) warga Desa Margo Rukun, Kecamatan Senyerang Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi ini tidak berkutik lagi, setelah tertangkap tangan lantaran diduga sebagai pelaku pembakaran lahan.

Keduanya diamankan jajaran Kepolisian Polres Tanjung Jabung Barat, Sektor Pengabuan, setelah petugas melakukan patroli rutin dan adanya laporan dari masyarakat.

Ini diakui Kapolres Tanjung Jabung Barat AKBP ADG Sinaga, bahwa pelaku A diamankan petugas pada awal Agustus lalu saat membakar lahan di kawasan Parit Lapis Jumakum Ujung, Kelurahan Senyerang, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjab Barat.

“Pelaku A ini diamankan ketika Personil Polsek Pengabuan melaksanakan Patroli Pencegahan Karhutla. Saat sedang melakukan Patroli," ujarnya saat dihubungi, Minggu (11/8/2019).

Menurutnya, saat itu petugas menemukan pelaku sedang membakar tanggul kayu kempas menggunakan kayu dan belukar tebasan yang sudah kering.

Namun, bara api masih menyala, karena ditiup angin yang cukup kencang, api kembali menyala dan membesar sehingga membakar lahan tersebut hingga seluas 1 hektar.

"Modus pelaku sengaja membakar tunggul kayu tersebut untuk membuka lahan, karena apabila dibersihkan dengan menggunakan kapak, tunggul kayu tersebut tidak bisa dibersihkan," ungkap Kapolres.

Selanjutnya, kata Kapolres, pelaku membakar tunggul kayu tersebut agar mudah dibersihkan. "Apabila lahan sudah bersih karena dibakar, rencananya pelaku akan menanaminya dengan sayur-sayuran,” ujarnya.

Tidak berbeda dengan A, pelaku lainnya, yakni S diamankan personel Polsek Pengabuan saat melaksanakan Patroli Pencegahan Karhutla di Parit Kapal Desa Margo Rukun, Kecamatan Senyerang, Kabupaten Tanjab Barat.

“Saat itu, petugas yang sedang melakukan patroli melihat ada asap dari kejauhan, kemudian petugas langsung mendatangi lokasi tersebut dan ditemukan pelaku sedang membakar lahan dengan cara menebangi pohon jagung yang sudah kering dengan menggunakan parang," ucap Kapolres.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment


SOSIAL MEDIA

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Marine Cushion

    Jadi inget dulu pas jaman sekolah juga pernah di datengin sama bapak-ibu polisi untuk ...

    View Article
  • Boat Cushion

    Memang alat keselamatan sangat harus diperhatikan dan dibutuhkan untuk sebuah kapal, ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video